Kamis, 03 Desember 2015

Cara Membuat Work Breakdown Structure (WBS) Sesuai Dengan Penulisan Ilmiah

Dalam WBS kita akan membuat daftar fase-fase pengerjaan project. Beberapa fase tergantung dari fase sebelumnya, tetapi ada juga beberapa fase yang bisa dikerjakan secara bersama-sama. Dari analisa ini kita bisa memperkirakan kapan project bisa dimulai dan kapan project bisa selesai.

Sebagai contoh pengerjaan web design mempunyai WBS seperti berikut
  1. Pembuatan Disain
    - Membuat Disain di Photoshop
    - Membuat Cropping dengan Dreamweaver
  2. Pengerjaan Programming
    - Mendisain table
    - Membuat CMS (Content Management System)
    - Melakukan programming di tampilan website
    - Membuat dokumentasi CMS
  3. Pengisian website
    - Mengisi website
    - Melakukan training pemakaian CMS
  4. Dan seterusnya
Kemampuan membuat WBS sangat menentukan ketepatan waktu pengerjaan project. Ditambah dengan SOP (Standard Operating Procedure) yang bagus, maka project memungkinkan dikerjakan secara tepat waktu.

Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah menggunakan pendekatan metode SDLC (Software Development Life Cycle). Penulis melakukan penulisan dalam beberapa tahap.
 
1. Identifikasi Masalah
Untuk mengumpulkan data dan informasi tentang profil panti asuhan, referensi yang digunakan adalah mewawancarai dan menggali informasi dari pengurus yang sekaligus menjadi pendiri panti asuhan tersebut.
2. Analisis Data
Pada tahap ini, pembuatan web mencari dan merangkum kepustakaan yang dapat menunjang pengerjaan penulisan ini. Penulisan yang dilakukan dengan mempelajari buku-buku karya ilmiah, dan situs web, literatur serta dokumentasi yang ada kaitannya dengan penulisan ini yang dipergunakan sebagai bahan acuan dalam pemecahan masalah.
3. Perancangan Website
Pada tahap ini berupa kegiatan perancangan website panti asuhan dan membuat rancangan tampilan website.
4. Implementasi
Pada tahap ini, pembuatan web menggunakan software Adobe Dreamweaver CS6 sebagai editor program serta penunjang pembuatan tampilan web, PHP dan MySQL sebagai database dan Adobe Photoshop CS5 sebagai pengedit gambar.
5. Uji Coba aplikasi
Tahap uji coba website dilakukan laptop HP 430, dengan spesifikasi processor Intel(R) Core(TM) i3 CPU M380 @2.53GHz 2.53GHz, memori RAM 2,00GB.  Software yang digunakan sistem operasi windows 7 Ultimate 32-bit.
 

Dan berikut ini merupakan contoh pengaplikasian WBS pada penulisan saya.

 

 SUMBER:

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar