Komputer saat ini telah
 menjadi alat bantu utama bagi manusia dan digunakan bukan hanya untuk 
menyelesaikan permasalahan di temapat kerja, membuat program atau 
bermain game, tetapi dapat digunakan untuk mengontrol alat melalui 
berbagai port yang tersedia dan dikenal dengan istilah Interfacing komputer. Interfacing
 (antar muka) adalah bagian dari disiplin ilmu komputer yg mempelajari 
teknik-teknik menghubungkan komputer dengan peralatan elektronika 
lainnya.  
Sistem komputer yang berpusat pada pemroses utama (baik itu 
Mikroprosesor maupun Mikrokontroler) memiliki kemampuan yang besar dalam
 memecahkan masalah tetapi tidak ada manfaatnya tanpa menghubungkan 
dengan peralatan lainnya. Suatu teknik khusus diperlukan untuk dapat 
menghubungkan dengan peralatan-peralatan tersebut. Menghubungkan 
pemroses utama dengan peralatan elektronik lainnya bukanlah persoalan 
yang mudah. Kita tidak dapat langsung menghubungkan pemroses utama dengan peralatan tersebut, disebabkan oleh hal-hal berikut:
- Terdapat beraneka ragam peralatan/ piranti yang memiliki metode operasi beragam.
- Laju transfer data dalam piranti seringkali lebih lambat dibandingkan dengan laju transfer data dengan pemroses utama (Mikroprosesor).
- Piranti seringkali menggunakan format data yang berbeda dengan pemroses utama (Mikroprosesor).
 Terdapat dua jenis Interface, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).
Command Line Interface (CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
Graphical User Interface (GUI)
GUI
  adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi 
 dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan  
menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Teknik Interface
Dalam permasalahan elektronika digital dan komputer, sistem interfacing dapat dikelompokkan dalam dua bagian dasar, yaitu:
1.   Interfacing ke mikroprosesor
2.   Interfacing ke (sistem) mikrokomputer
Arti harafiah kata-kata interfacing adalah suatu 
perlakuan atau usaha (perangkat keras dan perangkat lunak) untuk 
menghubungkan “antarmuka” antara dua buah sistem. Sistem ini dapat 
berupa sistem integrasi antar IC Peripheral, atau sistem integrasi dari 
suatu sistem hybrid atau sistem rangkaian berbasis mikroprosesor.
Pengertian interface secara lebih umum, biasanya 
selalu dihubungkan dengan pengertian perlakuan interfacing antara suatu 
sistem komputer dengan suatu sistem rangkaian luar. Rangkaian luar ini 
dapat berupa rangkaian switch, relay, LED, seven segment, rangkaian 
keyboard, modil LCD, unit printer, rangkaian komunikasi serial, peranti 
ukur elektronik, instrumen dan lain-lain. Dalam dimensi yang lebih 
besar, interface berlaku pula untuk hubungan antara dua sistem komputer 
atau lebih.
Ada beberapa kata kunci (keyword) yang perlu diketahui dalam teknik-teknik interfacing, yaitu :
1. Impedances Matching (kesesuaian impedansi).
Impendansi  otput dari piranti/ sistem yang 
di-interface-kan ke piranti/ sistem yang lain hendaknya memiliki 
kesesuaian impedansi. Permasalahan ini akan banyak muncul dalam hal 
interfacing sistem analog. Aspek ini secara otomatis berpengaruh pula 
terhadap Voltage dan Current Matching. 
2. Logic Matching (kesesuaian Logika, timing dan kontrol).
Dalam analisi rangkaian 
digital, Logic Matching ini meliputi kompatibilitas kontrol, access time
 (terutama kemampuan maksimal kecepatan eksekusi dari 
rangkaian/peripheral yang di-interface-kan), timing (pewaktuan untuk 
proses transfer data0, dan lain-lain. Dalam dimensi yang lebih 
besar, aspek kompatibilitas kontrol ini dapat pula meliputi penggunaan 
tipe-tipe protokol dalam interfacing antar sistem/jaringan komputer.
3. Aspek FAN-IN dan FAN-OUT.
Istilah ini khusus digunakan dalam konteks 
interfacing antar-gate dalam rangkaian logika Standar perancangan dan 
analisis yang digunakan adalah menggunakan standar IC TTL 
(Transistor-transistor Logic). 
SUMBER:
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar