Selasa, 24 November 2015

INTERFACING

Komputer saat ini telah menjadi alat bantu utama bagi manusia dan digunakan bukan hanya untuk menyelesaikan permasalahan di temapat kerja, membuat program atau bermain game, tetapi dapat digunakan untuk mengontrol alat melalui berbagai port yang tersedia dan dikenal dengan istilah Interfacing komputer. Interfacing (antar muka) adalah bagian dari disiplin ilmu komputer yg mempelajari teknik-teknik menghubungkan komputer dengan peralatan elektronika lainnya. 
Sistem komputer yang berpusat pada pemroses utama (baik itu Mikroprosesor maupun Mikrokontroler) memiliki kemampuan yang besar dalam memecahkan masalah tetapi tidak ada manfaatnya tanpa menghubungkan dengan peralatan lainnya. Suatu teknik khusus diperlukan untuk dapat menghubungkan dengan peralatan-peralatan tersebut. Menghubungkan pemroses utama dengan peralatan elektronik lainnya bukanlah persoalan yang mudah. Kita tidak dapat langsung menghubungkan pemroses utama dengan peralatan tersebut, disebabkan oleh hal-hal berikut:
  • Terdapat beraneka ragam peralatan/ piranti yang memiliki metode operasi beragam.
  • Laju transfer data dalam piranti seringkali lebih lambat dibandingkan dengan laju transfer data dengan pemroses utama (Mikroprosesor).
  • Piranti seringkali menggunakan format data yang berbeda dengan pemroses utama (Mikroprosesor).
Terdapat dua jenis Interface, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).

Command Line Interface (CLI)

CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
 
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.

Graphical User Interface (GUI)

GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Teknik Interface

Dalam permasalahan elektronika digital dan komputer, sistem interfacing dapat dikelompokkan dalam dua bagian dasar, yaitu:
1.   Interfacing ke mikroprosesor
2.   Interfacing ke (sistem) mikrokomputer
Arti harafiah kata-kata interfacing adalah suatu perlakuan atau usaha (perangkat keras dan perangkat lunak) untuk menghubungkan “antarmuka” antara dua buah sistem. Sistem ini dapat berupa sistem integrasi antar IC Peripheral, atau sistem integrasi dari suatu sistem hybrid atau sistem rangkaian berbasis mikroprosesor.

Pengertian interface secara lebih umum, biasanya selalu dihubungkan dengan pengertian perlakuan interfacing antara suatu sistem komputer dengan suatu sistem rangkaian luar. Rangkaian luar ini dapat berupa rangkaian switch, relay, LED, seven segment, rangkaian keyboard, modil LCD, unit printer, rangkaian komunikasi serial, peranti ukur elektronik, instrumen dan lain-lain. Dalam dimensi yang lebih besar, interface berlaku pula untuk hubungan antara dua sistem komputer atau lebih.

Ada beberapa kata kunci (keyword) yang perlu diketahui dalam teknik-teknik interfacing, yaitu :
1. Impedances Matching (kesesuaian impedansi).
Impendansi  otput dari piranti/ sistem yang di-interface-kan ke piranti/ sistem yang lain hendaknya memiliki kesesuaian impedansi. Permasalahan ini akan banyak muncul dalam hal interfacing sistem analog. Aspek ini secara otomatis berpengaruh pula terhadap Voltage dan Current Matching.
2. Logic Matching (kesesuaian Logika, timing dan kontrol). Dalam analisi rangkaian digital, Logic Matching ini meliputi kompatibilitas kontrol, access time (terutama kemampuan maksimal kecepatan eksekusi dari rangkaian/peripheral yang di-interface-kan), timing (pewaktuan untuk proses transfer data0, dan lain-lain. Dalam dimensi yang lebih besar, aspek kompatibilitas kontrol ini dapat pula meliputi penggunaan tipe-tipe protokol dalam interfacing antar sistem/jaringan komputer.
3. Aspek FAN-IN dan FAN-OUT.
Istilah ini khusus digunakan dalam konteks interfacing antar-gate dalam rangkaian logika Standar perancangan dan analisis yang digunakan adalah menggunakan standar IC TTL (Transistor-transistor Logic).

SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar