Selasa, 24 November 2015

JARINGAN

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara mengenai manfaat dari jaringan komputer. Terdapat banyak sekali manfaat jaringan komputer, sebagai berikut:
  1. Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah diseberluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet. 
  2. Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien. 
  3. Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah. 
  4. Selain itu, pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer. 
  5. Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer. 
  6. Misalkan dalam suatu kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer. 

Macam-macam Jaringan Komputer berdasarkan skala.

pengertian jaringan komputer  jaringan komputer dan internet  macam-macam jaringan komputer  jaringan komputer lan

1. Local Area Network (LAN)
Jaringan LAN adalah suatu jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya jaringan LAN dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi tertentu. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat pada gedung tersebut. Komputer komputer dihubungkan untuk berbagi sumber daya yang ada, misalnya printer agar dapt digunakan bersama-sama, selain itu jaringan LAN juga memungkinkan komputer komputer dapat saling berkomunkasi dan saling bertukar data dan informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupaka singkatan dari Metropolitan Area Network , MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar . MAN umunya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya kantor-kantor pemerintahan yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN, Jaringan MAN dibangun dengan tujuan agar beberapa lembaga atau intansi dapat sallimg berbagi data. Misalnya kantor pajak dapat berbagi data dengan kantor dinas pertahanan dan lain sebagainya.
 
3. Wide Area Network (WAN)
WAN atau Area adalah jarungan komputer yang mencakup sebuah negara atau benua , WAN banyak digunakan oleh perusahaan besar dunia yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak diberbagai belahan dunia. WAN juga digunakan oleh negara negara yang telah maju untuk menghubungkan database dari satu daerah kedaerah yang lain.

Macam-macam Jaringan Komputer berdasarkan fungsinya.

a. Jaringan Komputer Peer to Peer 
Merupakan model jaringan komputer dimana dalam jaringan tersebut, setiap komputer dapat difungsikan sebagai Client dan juga sebagai Server. 
 
b. Jaringan Komputer Client Server 
Merupakan sebuah model jaringan komputer dimana salah satu dari komputer difungsikan sebagai Server yang bertugas melayani komputer lain yang difungsikan sebagai Client. jadi dalam model jaringan ini komputer server biasanya didisain khusus dan hanya bertugas sebagai penyedia layanan yang dibutuhkan Client. 
 
 
SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar