Rabu, 02 April 2014

"Shopping Online" Cara Jual Beli Versi Modern

Kini jika ingin membeli barang-barang yang kita inginkan sudah tidak perlu sulit-sulit lagi mendatangi toko yang menjual barang yang ingin kita dapatkan. Ada sebuah cara jual beli barang yang dianggap lebih praktis dan lebih modern yang lebih dikenal dengan online shop, karena di zaman yang sudah serba dikendalikan dengan sistem digital, terlebih begitu berkembang secara pesatnya internet. 


Adapun tempat untuk shopping online disebut sebagai online store atau toko online.Toko bisa diartikan sebuah wadah/tempat untuk menggelar (menampilkan, memamerkan) barang dagangan.  Sedangkan online, saat ini bisa diartikan sebagai bersifat terhubung dengan jaringan internet. Sehingga toko online memiliki definisi sebuah tempat untuk menggelar (menampilkan, memamerkan) barang dagangan yang terhubung dengan jaringan internet.

Sebenarnya cara jual beli seperti ini sudah ada sejak 1979, diciptakan oleh Michael Aldrich dari Inggris. Baru pada Maret 1981 sistem ini mulai diperkenalkan kepada masyarakat oleh Thomson Holidays.

Online shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup hanya dengan website toko kita, foto produk serta akses internet untuk menjalankannya atau dapat melalui situs yang dapat membuat blog pribadi atau melalui jejaring sosial, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan. Bisnis online shop seperti ini sudah sangat banyak bahkan menjamur diberbagai produk, seperti sepatu, baju, aksesoris pribadi dan lain-lain.  Siapapun bisa membuka toko online shopnya sendiri. Dan toko online sangat mudah untuk bisa diakses, hanya tinggal membuka internet dan mencarinya di mesin pencari seperti google. 

 

Tentunya jika ada penjual pasti ada pembeli. Ada beberapa tips cara belanja secara online di online shop yang saya kutip dari celanachinos.com , antara lain:

1. Kita harus pandai dalam memilih toko online dimana tempat kita belanja secara online, apakah toko tersebut menjual barang yang secara legal atau illegal, karena jika kita tidak mengetahui asal usul toko online tersebut bisa saja kita akan menjadi korban penipuan;
2. Bacalah dan pahamilah aturan yang berlaku pada toko online tersebut;
3. Analisa terlebih dahulu produk yang akan anda beli, apakah berang tersebut asli atau tidak;
4. Tentukan terlebih dahulu metode pembayaran, apakah transfer melalui atm sebuah bank atau cash on delivery (cod);
5. Simpanlah bukti pembayaran, akan berguna jika suatu waktu diperlukan jika ada masalah ketika transaksi usai.

Salah satu toko online ternama didunia adalah ebay. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay telah berkembang menjadi ajang pasar tempat Anda dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan mobil. 

Dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang dilakukan setiap hari, eBay menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia.

http://asiaassets.ebay.com/MY/eBay_MY_Ann/ebay_20/New_eBay_MY_homepage_web.jpg 

Selain itu juga ada toko online yang kita bisa menjual sekaligus bisa membeli disatu situs online shop tersebut. Yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, dua diantaranya antara lain tokobagus.com dan berniaga.com.

Seperti yang saya kutip langsung dari pengertian yang dijelaskan oleh pihak tokobagus.com itu sendiri merupakan situs online classified terbesar di Indonesia. Tokobagus.com menyediakan media yang mudah, cepat dan gratis bagi para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga, hingga mobil dan sepeda motor, rumah dan properti, bahkan lowongan kerja dan layanan lainnya.

http://aplikasiblackberry.web.id/wp-content/uploads/2013/04/TokoBagus.jpg

Sejak berdiri pada tahun 2005, Tokobagus.com telah meraih berbagai penghargaan, antara lain “Gold Brand Champion 2013 of Most Widely Used Brand” dari majalah MarkPlus Insight dan Marketeers, “Situs e-commerce terbaik kategori online shopping Top Brand Award 2012” dari Frontier Consulting Group dan majalah Marketing, Situs e-commerce terbaik (“The Great Performing Website”) kategori Communication, dalam “Digital Marketing Award 2012” dari majalah Marketing, dan lembaga survei independen SurveyOne. 

http://rumahpengaduan.com/wp-content/uploads/2013/11/berniaga_com_promotional_graphic_by_adheeslev-d51mqeu.jpg

Sedangkan berniaga.com adalah adalah situs iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk aktivitas jual beli. Situs ini beroperasi di bawah bendera perusahaan PT 701Search, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara Singapore Press Holdings (SPH) dan Schibsted Classified Media (SCM). Situs ini sudah beroperasi sejak Desember 2009 dan menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori seperti properti, kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya.

REFERENSI:






 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar